Thursday, May 12, 2016

Rahasia Kandungan Minyak Kacang Tanah


Tanaman kacang tanah (Arachis Hypogea L) merupakan tanaman setahun, termasuk famili Leguminoceae. Kacang tanah berasal dari Amerika latin dan berkembang ke negara-negara asia, seperti india, filipina, jepang dan indonesia. Di Indonesia, menurut hasil penelitian Balai Penelitian Kacang-Kacangan di Bogor, telah dikenal 4 macam varietas unggul yaitu varietas Gajah, Banteng, Macan dan Kijang. Varietas Kijang mempunyai kandungan minyak terbesar yaitu 49,9 % dari berat daging.

Kacang Tanah digolongkan dalam 2 jenis menurut umur :


Golongan Berumur Panjang (6-7 Bulan)

Batang panjang, berbuah lebar, matang sekaligus, berbiji 3-4 buah, jenis lain yang termasuk dalam golongan ini adalah "Suuk gede" di Jawa Barat. dan "kacang kalo" di Madura. Jenis tersebut banyak ditanam di Surakarta, Bagelen, Yogjakarta dan Pasuruan. Batang dan daunnya dapat digunakan sebagai makanan ternak.

Golongan Berumur pendek (3 - 3,5 Bulan)

Golongan ini dapat dibagi kedalam 3 sub-golongan, yaitu :


  • Kacang Tanah dengan kulit ari berwarna merah tua


ukuran buah cukup besar dan setiap polong mengandung biji 1-3 butir. kacang tanah yang termasuk golongan ini adalah kacang Palembang dan Kacang Afrika.

  • Kacang Tanah berkulit ari merah muda
Dalam 1 polong mempunyai biji 1-3 butir, kacang tanah yang termasuk jenis ini adalah kacang Holde, Kacang Tular dan Kacang Schwarz 21.

  • Kacang Tanah berkulit ari merah muda, tetapi bijinya berukuran kecil
Pada umumnya buah berbiji satu dan mempunyai rasa gurih, dengan seleksi tanaman yang baik, jumlah produksinya dapat ditingkatkan. sebagai contoh jenis ini adalah kacang gajah, banteng dan schwarz 21.

Komposisi Kimia Kacang Tanah

Polong kacang tanah yang sudah matang cukup tua mempunyai ukuran panjang 1.25-7,50 cm dan berbentuk silinder. Tiap-tiap polong kacang tanah terdiri dari kulit (shell) 21-29 persen, daging biji (kernel) 69-72,40 persen, dan lembaga (germ) 3,10-3,60 persen. Dari jumlah 9,1 persen kadar nitrogen kacang tanah, sebesar 8,74 persen diantaranya terdiri dari fraksi albumen, gluten, dan globulin. Kacang tanah mengandung asam-asam amino esensial, yaitu arginin, fenilalanin, histidin, isolensin, leusin, lisin, methionin, tritophan, dan valin.

Minyak kacang tanah mengandung 76-82 persen asam lemak tidak jenuh, yang terdiri dari 40-45 persen asam oleat dan 30-355 persen asam linoleat. asam lemak jenuh sebagian besar terdiri dari asam palmitat. sedangkan kadar asam miristat sekitar 5 persen. Kandungan asam linoleat yang tinggi akan menurunkan kestabilan minyak.

Didalam kacang tanah terdapat karbohidrat sebanyak 18 persen dengan kadar pati 0,5-5,0 persen dan kadar sukrosa 4-7 persen, vitamin-vitamin yang terdapat adalah riboflavin, thiamin, asam nikotinat, vitamin E dan K. sebagian besar kandungan mineral terdiri dari kalsium, magnesium, fosfor dan sulfur.



Minyak kacang tanah merupakan minyak yang lebih baik daripada minyak jagung, minyak biji kapas, minyak olive minyak bunga matahari, untuk dijadikan salad dressing, dan disimpan dibawah suhu -11C. Hal ini disebabkan karena minyak kacang tanah jika berwujud padat berbentuk amorf, dimana lapisan padat tersebut tidak pecah sewaktu proses pembekuan.

Kacang tanah pada mulanya hanya digunakan untuk makanan hewan terutama babi, sapi dan ayam. di Amerika sekitar 48 persen dari jumlah produksi rata-rata dipergunakan untuk pembuatan peanut butter, sebanyak 23 persen untuk kembang gula, 22 persen untuk kacang asin, dan 4 persen untuk disangrai. Di India digunakan untuk pembuatan susu secara besar-besaran sebagai pengganti susu sapi, karena terbatasnya produksi susu sapi dalam negeri. Susu kacang tanah ini dibuat dengan melarutkan tepung kacang tanah dalam air, kemudian direbus dan disaring. susu kacang tanah yang dihasilkan mengandung protein sebesar 3,3 persen dan lemak sekitar 4,2 persen.

Minyak kacang tanah seperti juga minyak nabati lainnya merupakan salah satu kebutuhan manusia, yang dipergunakan baik sebagai bahan pangan maupun bahan nonpangan. sebagai bahan pangan minyak kacang tanah dipergunakan untuk minyak goreng, bahan dasar pembuatan margarin mayonnaise, salad dressing dan mentega putih dan mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan minyak jenis lainnya. karna dapat dipakai berulang-ulang untuk menggoreng bahan pangan.

sebagai bahan non pangan. minyak kacang tanah banyak digunakan dalam industri sabun, face cream, shaving cream, pencuci rambut dan bahan kosmetik lainnya. Dalam bidang farmasi minyak kacang tanah dapat digunakan untuk campuran pembuatan adrenalin dan obat asma.



No comments:

Post a Comment